Senin, 29 Maret 2010

fzanan dolphin

Lumba-lumba

Dari Wikipedia Bahasa indonesia,ensiklopedia bebas

bottlenose-dolphin-
363 x 480 - 32k - jpg
michellechant...
DOLPHIN
1024 x 768 - 131k - jpg
dolphinsc.com
Keep our dolphins
480 x 503 - 144k - jpg
adoptadolphin.org.uk
The dolphins
640 x 480 - 73k - jpg
naturescrusaders...

pedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

L
?Lumba-lumba
Lumba-lumba bersisi putih Pasifik
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mammalia
Ordo: Cetacea
Upaordo: Odontoceti
Famili: Delphinidae
Genera

Lihat artikel di bawah.

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contoh adalah kulit lumba-lumba yang mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba dapat berenang dengan sedikit hambatan air. Hal ini yang digunakan para perenang untuk merancang baju renang yang mirip kulit lumba-lumba.

Lumba-lumba memiliki sebuah sistem yang digunakan untuk berkomunikasi dan menerima rangsang yang dinamakan sistem sonar, sistem ini dapat menghindari benda-benda yang ada di depan lumba-lumba, sehingga terhindar dari benturan. Teknologi ini kemudian diterapkan dalam pembuatan radar kapal selam. Lumba-lumba adalah binatang menyusui. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerebat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis Lumba-lumba.

Bayi lumba-lumba yang baru lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya agar bias menghirup udara. Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernafas supaya tetap hidup. Lumba-lumba bernafas melalui lubang udara yang terletak di atas kepalnya. Tubuhnya yang licin dan ramping sangat sesuai untuk berenang. Induk Lumba-lumba menyusui anaknya dengan susu yang gurih dan menyediakan energi bagi anaknya supaya cepat besar. Setiap anak lumba-lumba selalu berada di dekat induknya, sehingga ibunya bisa melindungi dari bahaya. Lumba-lumba selalu menjaga hubungan dengan anaknya hingga tumbuh semakin besar. Induk lumba-lumba memanggil anak anaknya dengan siulan khusus yang bisa mereka kenali.

Lumba-lumba hidup dan bekerja dalam kelompok atau disebut kawanan. Mereka sering bermain bersama. Seekor lumba-lumba tidak bisa tidur nyenyak di bawah air. Ia bisa tenggelam. Oleh karena itu, ia setengah tidur beberapa saat dalam sehari. Lumba-lumba makan cumi dan ikan seperti ikan mullet abu-abu. Kadang kadang Lumba-lumba menggiring kawanan ikan agar mudah ditangkap. Lumba-lumba mencari jalan dengan mengirimkan suara didalam air. Jika suara itu mengenai suatu benda, suara itu akan dipantulkan kembali sebagai gema. Kadang kadang, suara gaduh di laut akibat pengeboran minyak dapat membingungkan Lumba-lumba. Mereka akan mengalami kesulitan dalam mengirim dan menerima pesan.

Manusia senantiasa tertarik dengan kisah lumba-lumba. Bangsa Romawi telah membuat gambar mozaik Lumba-lumba sekitar 2.000 tahun lalu. Sekarang, manusia senang berenang di laut bersama binatang yang pandai dan bersahabat seperti lumba-lumba. Lumba-lumba harus berhati hati terhadap ikan hiu yang mungkin menyerang mereka sewaktu waktu. Mereka melindungi diri dengan gigi giginya, terkadang mereka menggunakan paruhnya sebagai pelantak. Manusia dapat menjala banyak sekali ikan bagi lumba-lumba untuk makanannya. Kadang kadang, lumba-lumba tertangkap oleh jaring nelayan. Mereka tidak dapat menghirup napas di permukaan, akibatnya mereka tenggelam. Ketika bahan kimia yang berbahaya dibuang ke laut, limbah itu bisa meracuni makanan yang dimakan Lumba-lumba. Pembangunan waduk di sungai dan pengeringan danau hanya menyisakan sedikit tempat bagi binatang seperti lumba-lumba Brazil untuk hidup.

Lumba-lumba tergolong sebagai mamalia yang cerdas. Lumba-lumba dapat menolong manusia, bila lumba-lumba sudah terlatih, bahkan lingkaran api pun dapat mereka terobos. Singa laut, spesies primata, ikan paus dan anjing juga termasuk binatang yang cerdas. Lumba-lumba yang sudah terlatih dapat melakukan berbagai atraksi dan mereka juga dapat berhitung, tetapi Lumba-lumba liar belum dapat melakukan berbagai atraksi. Sekarang ini, lumba-lumba dan ikan paus sudah langka, maka lumba-lumba dan ikan p

Hybrid lumba-lumba

In 1933, three strange dolphins beached off the Irish coast; they appeared to be hybrids between Risso's and Bottlenose Dolphins. [ 3 ] This mating was later repeated in captivity producing a hybrid calf. Pada tahun 1933, tiga lumba-lumba terdampar aneh dari Irlandia pantai; mereka tampaknya hibrida antara Risso's dan botol Dolphins. [3] kawin ini kemudian diulang di penangkaran sapi menghasilkan hibrida. In captivity, a Bottlenose Dolphin and a Rough-toothed Dolphin produced hybrid offspring. [ 4 ] A Common-Bottlenose hybrid lives at SeaWorld California. [ 5 ] Other dolphin hybrids live in captivity around the world or have been reported in the wild, such as a Bottlenose- Atlantic Spotted hybrid. [ 6 ] The best known hybrid is the Wolphin , a False Killer Whale -Bottlenose Dolphin hybrid. Dalam penangkaran, sebuah botol Dolphin dan Rough-toothed Dolphin menghasilkan keturunan hibrid. [4] Sebuah hibrida common-botol tinggal di SeaWorld California. [5] Lainnya hibrida lumba-lumba hidup di penangkaran di seluruh dunia atau telah dilaporkan di alam liar, seperti sebagai botol-Atlantic Spotted hibrida. [6] Yang paling terkenal adalah hibrida Wolphin, seorang Paus Pembunuh Palsu-botol Dolphin hibrida. The Wolphin is a fertile hybrid. The Wolphin adalah hibrida subur. Two Wolphins currently live at the Sea Life Park in Hawaii ; the first was born in 1985 from a male False Killer Whale and a female Bottlenose. Dua Wolphins saat ini tinggal di Sea Life Park in Hawaii, yang pertama lahir pada 1985 dari salah seorang laki-laki Paus Pembunuh dan seorang perempuan botol. Wolphins have also been observed in the wild. [ 7 ] Wolphins juga telah diamati di alam bebas. [7]

Evolution and anatomy Evolusi dan anatomi

The Anatomy of a Dolphin showing its skeleton, major organs, tail, and body shape. The Anatomy of a Dolphin yang memperlihatkan kerangka, organ utama, ekor, dan bentuk tubuh.

Evolution Evolusi

Dolphins, along with whales and porpoises, are descendants of terrestrial mammals, most likely of the Artiodactyl order . Lumba-lumba, bersama dengan ikan paus dan lumba, adalah keturunan dari mamalia darat, kemungkinan besar dari Artiodactyl pesanan. The ancestors of the modern day dolphins entered the water roughly fifty million years ago, in the Eocene epoch. Nenek moyang lumba-lumba hari modern masuk ke dalam air kira-kira lima puluh juta tahun yang lalu, di Eosen zaman.

Hind Limb Buds on Dolphins. Limb belakang kuncup pada Dolphins. An embryo of a Spotted Dolphin in the fifth week of development. Sebuah embrio Spotted Dolphin di minggu kelima pembangunan. The hind limbs are present as small bumps (hind limb buds) near the base of the tail. Kaki yang belakang hadir sebagai benjolan kecil (ekstremitas belakang tunas) di dekat pangkal ekor. The pin is approximately 2.5 cm (1.0 in) long. Pin terletak sekitar 2,5 cm (1,0 in) lama.

Modern dolphin skeletons have two small, rod-shaped pelvic bones thought to be vestigial hind limbs. Lumba-lumba modern kerangka memiliki dua kecil, berbentuk batang tulang panggul dianggap sisa kaki belakang. In October 2006 an unusual Bottlenose Dolphin was captured in Japan ; it had small fins on each side of its genital slit which scientists believe to be a more pronounced development of these vestigial hind limbs. [ 8 ] Pada Oktober 2006 Dolphin botol yang tidak biasa ditangkap di Jepang; hal itu kecil sirip pada setiap sisi dari kelamin para ilmuwan percaya celah yang menjadi pengembangan lebih menonjol sisa tersebut tungkai belakangnya. [8]

Anatomy Anatomi

Dolphins have a streamlined fusiform body, adapted for fast swimming. Lumba-lumba memiliki efisien Fusiformis tubuh, diadaptasi untuk berenang cepat. The tail fin, called the fluke , is used for propulsion , while the pectoral fins together with the entire tail section provide directional control. Sirip ekor, yang disebut kebetulan, digunakan untuk tenaga penggerak, sementara sirip dada bersama-sama dengan seluruh bagian ekor memberikan kontrol terarah. The dorsal fin , in those species that have one, provides stability while swimming. The dorsal fin, dalam jenis-jenis yang memiliki satu, menyediakan stabilitas sambil berenang.

Though it varies per species, basic coloration patterns are shades of grey usually with a lighter underside, often with lines and patches of different hue and contrast. Walaupun berbeda untuk setiap spesies, pola warna dasar warna abu-abu biasanya dengan pemantik bawah, seringkali dengan garis dan bercak-bercak warna berbeda dan kontras.

The head contains the melon , a round organ used for echolocation . Kepala berisi melon, bulat organ yang digunakan untuk echolocation. In many species, elongated jaws form a distinct beak; species such as the Bottlenose have a curved mouth which looks like a fixed smile. Dalam banyak spesies, bentuk rahang panjang paruh yang berbeda; spesies seperti botol memiliki mulut yang melengkung terlihat seperti tetap tersenyum. Some species have up to 250 teeth. Beberapa spesies memiliki hingga 250 gigi. Dolphins breathe through a blowhole on top of their head. Lumba-lumba bernapas melalui Blowhole di atas kepala mereka. The trachea is anterior to the brain. The Trakea adalah anterior ke otak. The dolphin brain is large and highly complex and is different in structure from that of most land mammals. Para otak lumba-lumba besar dan sangat kompleks dan berbeda dalam struktur dari tanah yang sebagian besar mamalia.

Unlike most mammals, dolphins do not have hair, except for a few hairs around the tip of their rostrum which they lose shortly before or after birth. [ 9 ] The only exception to this is the Boto river dolphin , which has persistent small hairs on the rostrum. [ 10 ] Tidak seperti kebanyakan mamalia, lumba-lumba tidak memiliki rambut, kecuali beberapa ujung bulu-bulu di sekitar mereka mimbar yang mereka kehilangan tidak lama sebelum atau setelah lahir. [9] Satu-satunya pengecualian untuk hal ini adalah sungai BOTO lumba-lumba, yang telah gigih bulu kecil yang mimbar. [10]

Dolphin's reproductive organs are located on the underside of the body. Organ reproduksi lumba-lumba terletak di bagian bawah tubuh. Males have two slits, one concealing the penis and one further behind for the anus . Laki-laki memiliki dua celah, satu menyembunyikan penis dan satu lagi di belakang untuk anus. The female has one genital slit, housing the vagina and the anus . Perempuan memiliki satu alat kelamin celah, perumahan di vagina dan anus. A mammary slit is positioned on either side of the female's genital slit. Sebuah celah mammae diposisikan di kedua sisi celah kelamin betina.

A recent study at the US National Marine Mammal Foundation revealed that dolphins are the only animals other than humans that develop a natural form of Type 2 Diabetes , which may lead to a better understanding of the disease and new treatments for both humans and dolphins. [ 11 ] Sebuah studi baru-baru ini di US National Marine Mammal Foundation mengungkapkan bahwa lumba-lumba adalah satu-satunya hewan selain manusia yang mengembangkan bentuk alami Diabetes tipe 2, yang dapat menyebabkan pemahaman yang lebih baik dari penyakit ini dan perawatan baru bagi manusia dan lumba-lumba. [ 11]

Senses Indra

Most dolphins have acute eyesight , both in and out of the water, and they can hear frequencies ten times or more above the upper limit of adult human hearing. [ 12 ] Though they have a small ear opening on each side of their head, it is believed that hearing underwater is also if not exclusively done with the lower jaw, which conducts sound to the middle ear via a fat-filled cavity in the lower jaw bone. Kebanyakan lumba-lumba telah akut penglihatan, baik di dalam dan keluar dari air, dan mereka dapat mendengar frekuensi sepuluh kali atau lebih di atas batas atas pendengaran manusia dewasa. [12] Meskipun mereka memiliki telinga kecil di setiap sisi membuka kepala mereka, itu diyakini bahwa gangguan di bawah air juga jika tidak hanya dilakukan dengan rahang bawah, yang melakukan suara ke telinga tengah melalui rongga diisi lemak dalam tulang rahang bawah. Hearing is also used for echolocation , which all dolphins have. Mendengar ini juga digunakan untuk echolocation, yang semua memiliki lumba-lumba. It is believed that dolphin teeth function as an antenna to receive incoming sound and to pinpoint the exact location of an object. [ 13 ] The dolphin's sense of touch is also well-developed, with free nerve endings densely packed in the skin, especially around the snout, pectoral fins and genital area. Hal ini diyakini bahwa gigi lumba-lumba berfungsi sebagai antena untuk menerima suara yang masuk dan untuk menentukan lokasi yang tepat dari suatu objek. [13] The lumba-lumba rasa sentuhan juga berkembang dengan baik, dengan ujung saraf bebas padat di kulit, terutama di sekitar moncong, sirip dada dan daerah genital. However, dolphins lack an olfactory nerve and lobes and thus are believed to have no sense of smell . [ 14 ] They do have a sense of taste and show preferences for certain kinds of fish. Namun, lumba-lumba kurang memiliki saraf penciuman dan lobus sehingga diyakini tidak memiliki indra penciuman. [14] Mereka tidak memiliki rasa rasa dan menunjukkan preferensi bagi beberapa jenis ikan. Since dolphins spend most of their time below the surface, tasting the water could function like smelling, in that substances in the water can signal the presence of objects that are not in the dolphin's mouth. Karena lumba-lumba menghabiskan sebagian besar waktu mereka di bawah permukaan, mencicipi air bisa berfungsi seperti berbau, dalam zat dalam air dapat sinyal keberadaan benda-benda yang tidak ada dalam mulut lumba-lumba.

Though most dolphins do not have hair, they do have hair follicles that may perform some sensory function. [ 15 ] The small hairs on the rostrum of the Boto river dolphin are believed to function as a tactile sense possibly to compensate for the Boto's poor eyesight. [ 16 ] Meskipun sebagian besar lumba-lumba tidak memiliki rambut, mereka memiliki folikel rambut yang dapat menjalankan beberapa fungsi sensorik. [15] bulu yang kecil di mimbar dari lumba-lumba sungai BOTO dipercaya untuk berfungsi sebagai indra taktil mungkin untuk mengimbangi penglihatan miskin BOTO . [16]

Behavior Perilaku

A pod of Indo-Pacific Bottlenose Dolphins in the Red Sea . Sebuah pod Indo-Pasifik botol Lumba-lumba di Laut Merah.

Dolphins are often regarded as one of Earth's most intelligent animals, though it is hard to say just how intelligent. Lumba-lumba sering dianggap sebagai salah satu Bumi hewan paling cerdas, walaupun sulit untuk mengatakan betapa cerdas. Comparing species' relative intelligence is complicated by differences in sensory apparatus, response modes, and nature of cognition. Membandingkan jenis 'kecerdasan relatif rumit oleh perbedaan dalam indra aparat, respons mode, dan sifat kognisi. Furthermore, the difficulty and expense of experimental work with large aquatic animals has so far prevented some tests and limited sample size and rigor in others. Lebih jauh lagi, kesulitan dan biaya kerja eksperimental dengan hewan air besar sejauh ini mencegah beberapa tes dan terbatas ukuran sampel dan kekakuan pada orang lain. Compared to many other species however, dolphin behavior has been studied extensively, both in captivity and in the wild. Dibandingkan dengan banyak spesies lain Namun, perilaku lumba-lumba telah dipelajari secara ekstensif, baik di penangkaran dan di alam liar. See cetacean intelligence for more details. Lihat dr bangsa ikan paus intelijen untuk lebih jelasnya.

Social behavior Perilaku sosial

Dolphins surfing at Snapper Rocks , Queensland , Australia . Lumba-lumba berselancar di Snapper Rocks, Queensland, Australia.

Dolphins are social, living in pods of up to a dozen individuals. Lumba-lumba adalah sosial, hidup di polong hingga belasan individu. In places with a high abundance of food, pods can merge temporarily, forming a superpod ; such groupings may exceed 1,000 dolphins. Di tempat-tempat dengan kelimpahan yang tinggi dari makanan, polong dapat bergabung untuk sementara, membentuk superpod; pengelompokan seperti itu mungkin melebihi 1,000 lumba-lumba. Individuals communicate using a variety of clicks, whistles and other vocalizations. Individu berkomunikasi dengan menggunakan berbagai klik, siulan dan vokalisasi lain. They make ultrasonic sounds for echolocation. Mereka membuat suara ultrasonik untuk echolocation. Membership in pods is not rigid; interchange is common. Keanggotaan dalam polong tidak kaku; pertukaran adalah umum. However, dolphins can establish strong social bonds. Namun, lumba-lumba dapat membangun ikatan sosial yang kuat. Dolphins will stay with injured or ill individuals, even helping them to breathe by bringing them to the surface if needed. [ 17 ] This altruism does not appear to be limited to their own species however. Lumba-lumba akan tinggal bersama orang cedera atau sakit, bahkan membantu mereka untuk bernapas dengan membawa mereka ke permukaan jika diperlukan. [17] Hal ini altruisme tampaknya tidak terbatas pada mereka sendiri tetapi spesies. The dolphin Moko in New Zealand has been observed guiding a female Pygmy Sperm Whale together with her calf out of shallow water where they had stranded several times. [ 18 ] They have also been seen protecting swimmers from sharks by swimming circles around the swimmers [ 19 ] [ 20 ] or charging the sharks to make them go away. [ 21 ] Lumba-lumba Moko di Selandia Baru telah diamati membimbing seorang wanita Kerdil Ikan paus sperma bersama-sama dengan anaknya keluar dari air dangkal tempat mereka terdampar beberapa kali. [18] Mereka juga telah melihat melindungi perenang dari hiu dengan berenang lingkaran di sekitar perenang [19 ] [20] atau pengisian ikan hiu untuk membuat mereka pergi. [21]

Dolphins also display culture , something long believed to be unique to humans (and possibly other primate species). Lumba-lumba juga menampilkan budaya, sesuatu yang lama diyakini unik untuk manusia (dan mungkin lain primata spesies). In May 2005, a discovery in Australia found Indo-Pacific Bottlenose Dolphin ( Tursiops aduncus ) teaching their young to use tools. Pada bulan Mei 2005, sebuah penemuan di Australia menemukan botol Indo-Pasifik Dolphin (Tursiops aduncus) mengajar anak-anak mereka untuk menggunakan alat-alat. They cover their snouts with sponges to protect them while foraging. Mereka menutup moncong dengan spons untuk melindungi mereka saat mencari makan. This knowledge is mostly transferred by mothers to daughters, unlike simian primates , where knowledge is generally passed on to both sexes. Pengetahuan ini sebagian besar ditransfer oleh ibu-ibu untuk anak perempuan, tidak seperti monyet primata, di mana pengetahuan umumnya disahkan pada kedua jenis kelamin. Using sponges as mouth protection is a learned behavior. [ 22 ] Another learned behavior was discovered among river dolphins in Brazil, where some male dolphins use weeds and sticks as part of a sexual display. [ 23 ] Menggunakan spons sebagai perlindungan mulut adalah perilaku yang dipelajari. [22] perilaku belajar lainnya ditemukan di antara lumba-lumba sungai di Brazil, di mana beberapa laki-laki dan lumba-lumba menggunakan batang rumput sebagai bagian dari tampilan seksual. [23]

Dolphins engage in acts of aggression towards each other. Lumba-lumba terlibat dalam tindakan-tindakan agresi terhadap satu sama lain. The older a male dolphin is, the more likely his body is to be covered with bite scars. Laki-laki yang lebih tua lumba-lumba adalah, semakin besar kemungkinan tubuhnya harus ditutupi dengan bekas luka gigitan. Male dolphins engage in such acts of aggression apparently for the same reasons as humans: disputes between companions and competition for females. Lumba-lumba jantan terlibat dalam tindakan seperti itu tampaknya agresi dengan alasan yang sama seperti manusia: perselisihan antara sahabat dan persaingan untuk wanita. Acts of aggression can become so intense that targeted dolphins sometimes go into exile as a result of losing a fight. Tindakan agresi dapat menjadi begitu hebat sehingga lumba-lumba yang ditargetkan kadang-kadang pergi ke pengasingan sebagai akibat kehilangan perkelahian.

Male Bottlenose Dolphins have been known to engage in infanticide . Male Dolphins botol telah dikenal untuk terlibat dalam pembunuhan bayi. Dolphins have also been known to kill porpoises for reasons which are not fully understood, as porpoises generally do not share the same diet as dolphins and are therefore not competitors for food supplies. [ 24 ] Lumba-lumba juga telah dikenal untuk membunuh lumba karena alasan-alasan yang tidak sepenuhnya dipahami, seperti lumba umumnya tidak berbagi makanan yang sama seperti lumba-lumba dan karenanya bukan pesaing untuk persediaan makanan. [24]

Reproduction and sexuality Reproduksi dan seksualitas

Dolphin copulation happens belly to belly and though many species engage in lengthy foreplay , the actual act is usually brief, but may be repeated several times within a short timespan. Dolphin sanggama terjadi perut untuk perut dan meskipun banyak spesies panjang terlibat dalam foreplay, tindakan yang sebenarnya biasanya singkat, tetapi dapat diulang beberapa kali dalam jangka waktu singkat. The gestation period varies per species; for the small Tucuxi dolphin , this period is around 11 to 12 months, while for the Orca the gestation period is around 17 months. Para periode kehamilan berbeda untuk setiap spesies karena kecil Tucuxi lumba-lumba, periode ini adalah sekitar 11 sampai 12 bulan, sedangkan untuk Orca pada periode kehamilan sekitar 17 bulan. They usually become sexually active at a young age, even before reaching sexual maturity . Mereka biasanya menjadi aktif secara seksual pada usia muda, bahkan sebelum mencapai kematangan seksual. The age of sexual maturity varies by species and gender. Usia kematangan seksual bervariasi menurut spesies dan jenis kelamin.

Dolphins are known to have sex for reasons other than reproduction, sometimes also engaging in homosexual behavior . [ 25 ] Various species sometimes engage in sexual behavior including copulation with other dolphin species. [ 25 ] Sexual encounters may be violent, with male dolphins sometimes showing aggressive behavior towards both females and other males. [ 25 ] [ 26 ] Occasionally, dolphins behave sexually towards other animals, including humans. [ 27 ] Lumba-lumba yang diketahui melakukan hubungan seks untuk alasan lain selain reproduksi, kadang-kadang juga terlibat dalam perilaku homoseksual. [25] Berbagai spesies kadang-kadang terlibat dalam perilaku seksual termasuk persetubuhan dengan spesies lumba-lumba lain. [25] Seksual pertemuan mungkin kekerasan, dengan laki-laki kadang-kadang menampilkan lumba-lumba perilaku agresif terhadap kedua perempuan dan laki-laki lain. [25] [26] Kadang-kadang, lumba-lumba berperilaku seksual terhadap hewan lain, termasuk manusia. [27]

Feeding Feeding

Various methods of feeding exist among and within species, some apparently exclusive to a single population. Berbagai metode makan ada di antara dan di dalam spesies, beberapa tampaknya eksklusif untuk satu populasi. Fish and squid are the main food, but the False Killer Whale and the Killer Whale also feed on other marine mammals. Ikan dan cumi-cumi adalah makanan utama, tapi Palsu Paus Pembunuh dan juga Paus Pembunuh makan mamalia laut lainnya.

One common feeding method is herding, where a pod squeezes a school of fish into a small volume, known as a bait ball. Salah satu metode pemberian makanan Common menggembala, di mana sebuah sekolah meremas pod ikan ke dalam sebuah buku kecil, yang dikenal sebagai umpan bola. Individual members then take turns plowing through the ball, feeding on the stunned fish. Masing-masing anggota kemudian bergiliran membajak melalui bola, memberi makan pada ikan tertegun. Coralling is a method where dolphins chase fish into shallow water to more easily catch them. Coralling adalah sebuah metode di mana ikan lumba-lumba mengejar ke air dangkal untuk lebih mudah menangkap mereka. In South Carolina , the Atlantic Bottlenose Dolphin takes this further with strand feeding , driving prey onto mud banks for easy access. [ 28 ] In some places, Orcas come to the beach to capture sea lions . Di South Carolina, botol Atlantik Dolphin mengambil untai ini lebih lanjut dengan makan, mengemudi mangsa lumpur ke bank untuk memudahkan akses. [28] Di beberapa tempat, Orcas datang ke pantai untuk menangkap singa laut. Some species also whack fish with their fluke, stunning them and sometimes knocking them out of the water. Beberapa spesies ikan juga rusak dengan kebetulan, menakjubkan mereka dan kadang-kadang mengetuk mereka keluar dari air.

Reports of cooperative human-dolphin fishing date back to the ancient Roman author and natural philosopher Pliny the Elder . [ 29 ] A modern human-dolphin partnership currently operates in Laguna , Santa Catarina , Brazil . Laporan koperasi-manusia ikan lumba-lumba tanggal kembali ke Romawi kuno penulis dan filsuf alam Plinius Tua. [29] Seorang manusia modern-kemitraan lumba-lumba saat ini beroperasi di Laguna, Santa Catarina, Brasil. Here, dolphins drive fish towards fishermen waiting along the shore and signal the men to cast their nets. Di sini, ikan lumba-lumba berkendara menuju menunggu nelayan di sepanjang pantai dan sinyal pria untuk melemparkan jaring mereka. The dolphins' reward is the fish that escape the nets. [ 30 ] [ 31 ] Lumba-lumba 'hadiah adalah ikan yang lolos dari jaring. [30] [31]

Vocalizations Vokalisasi

Dolphins are capable of making a broad range of sounds using nasal airsacs located just below the blowhole. Lumba-lumba mampu membuat berbagai suara menggunakan airsacs hidung yang terletak tepat di bawah Blowhole. Roughly three categories of sounds can be identified: frequency modulated whistles , burst-pulsed sounds and clicks. Kira-kira tiga kategori suara dapat diidentifikasi: termodulasi frekuensi peluit, meledak-getaran suara dan klik. Dolphins communicate with their whistles and burst-pulsed sounds, though the nature and extent of that ability is not known. Lumba-lumba berkomunikasi dengan peluit dan menghambur-getaran suara, meskipun sifat dan tingkat kemampuan yang tidak diketahui. At least some dolphin species can identify themselves using a signature whistle. [ 32 ] The clicks are directional and are for echolocation, often occurring in a short series called a click train. Setidaknya beberapa spesies lumba-lumba dapat mengidentifikasi diri mereka menggunakan peluit tanda tangan. [32] Para klik terarah dan adalah untuk echolocation, sering terjadi di seri pendek disebut klik kereta api. The click rate increases when approaching an object of interest. Tingkat klik meningkat ketika mendekati sebuah objek yang menarik. Dolphin echolocation clicks are amongst the loudest sounds made by marine animals . [ 33 ] Dolphin echolocation klik adalah diantara suara paling keras yang dibuat oleh hewan-hewan laut. [33]

Pacific White-Sided Dolphins breaching White-Sided Pasifik Dolphins melanggar

Jumping and playing Melompat dan bermain

Dolphins occasionally leap above the water surface, sometimes performing acrobatic figures (eg the Spinner Dolphin ). Kadang lumba-lumba melompat di atas permukaan air, kadang-kadang melakukan akrobatik angka (misalnya Spinner Dolphin). Scientists are not certain about the purpose(s) of the acrobatics. Para ilmuwan tidak yakin tentang tujuan (s) dari akrobat. Possibilities include locating schools of fish by looking at above-water signs like feeding birds, communicating with other dolphins, dislodging parasites or simple amusement. Kemungkinan termasuk sekolah mencari ikan dengan melihat tanda-tanda air di atas seperti memberi makan burung, berkomunikasi dengan lumba-lumba lain, mencabut parasit atau hiburan sederhana.

Play is an important part of dolphin culture. Bermain adalah bagian penting dari budaya lumba-lumba. Dolphins play with seaweed and play-fight with other dolphins. Lumba-lumba bermain dengan rumput laut dan bermain-bertengkar dengan lumba-lumba lain. At times they harass other local creatures, like seabirds and turtles . Beberapa kali mereka mengganggu makhluk lokal lainnya, seperti burung laut dan kura-kura. Dolphins enjoy riding waves and frequently surf coastal swells and the bow waves of boats, at times “leaping” between the dual bow waves of a moving catamaran. Menikmati lumba-lumba mengendarai ombak dan sering surfing pantai membengkak dan gelombang haluan perahu, kadang-kadang "melompat" antara gelombang busur ganda yang bergerak catamaran. Occasionally, they playfully interact with swimmers. Sesekali, mereka berinteraksi dengan perenang bercanda.

Sleeping Tidur

Generally, dolphins sleep with only one brain hemisphere in slow-wave sleep at a time, thus maintaining enough consciousness to breathe and to watch for possible predators and other threats. Umumnya, lumba-lumba tidur dengan hanya satu otak belahan bumi dalam tidur gelombang lambat pada satu waktu, dengan demikian mempertahankan kesadaran cukup untuk bernapas dan untuk mengawasi kemungkinan ancaman predator dan lainnya. Earlier sleep stages can occur simultaneously in both hemispheres. [ 34 ] [ 35 ] [ 36 ] In captivity, dolphins seemingly enter a fully asleep state where both eyes are closed and there is no response to mild external stimuli. Tidur tahap sebelumnya dapat terjadi secara simultan pada kedua belahan otak. [34] [35] [36] Di penangkaran, lumba-lumba tampak masukkan tertidur sepenuhnya keadaan di mana kedua mata tertutup dan tidak ada respon terhadap rangsangan eksternal ringan. Respiration is automatic; a tail kick reflex keeps the blowhole above the water if necessary. Anesthetized dolphins initially show a tail kick reflex. [ 37 ] Though a similar state has been observed with wild Sperm Whales , it is not known if dolphins in the wild reach this state. [ 38 ] The Indus river dolphin has a different sleep method from other dolphin species. Respirasi secara otomatis, sebuah tendangan ekor refleks menyimpan Blowhole di atas air jika perlu. Dibius awalnya lumba-lumba menunjukkan refleks tendangan ekor. [37] Meskipun negara serupa telah diamati dengan liar paus sperma, tidak diketahui apakah lumba-lumba di alam liar mencapai keadaan ini. [38] Para lumba-lumba sungai indus memiliki metode tidur yang berbeda dari spesies lumba-lumba lain. Living in water with strong currents and potentially dangerous floating debris, it must swim continuously to avoid injury. Hidup di air dengan arus yang kuat dan puing-puing yang mengambang berbahaya, ia harus berenang terus menerus untuk menghindari cedera. As a result, this species sleeps in very short bursts which last between 4 and 60 seconds. [ 39 ] Sebagai hasilnya, spesies ini tidur dalam ledakan yang sangat singkat terakhir antara 4 dan 60 detik. [39]

Distribution Distribusi

Ireland Irlandia

Bottle-noseds Dolphins ( Tursiops truncatus (Montagu 1821)). [ 40 ] Botol-noseds Dolphins (Tursiops truncatus (Montagu 1821)). [40]

Threats Ancaman

Natural threats Alam ancaman

Except for humans (discussed below), dolphins have few natural enemies. Kecuali untuk manusia (dibahas di bawah), lumba-lumba memiliki beberapa musuh alami. Some species or specific populations have none, making them apex predators . Beberapa spesies atau populasi tertentu sudah tidak ada, membuat mereka puncaknya predator. For most smaller species, only a few larger species of shark such as the bull shark , dusky shark , tiger shark and great white shark are a potential risk, especially for calves. Bagi sebagian besar spesies yang lebih kecil, hanya beberapa jenis hiu yang lebih besar seperti hiu banteng, senja hiu, harimau hiu dan hiu putih yang besar merupakan potensi risiko, terutama untuk anak-anak sapi. Some of the larger dolphin species such as Orcas may also prey on some of the smaller species, but this seems rare. Beberapa spesies lumba-lumba yang lebih besar seperti Orcas mungkin juga memangsa beberapa spesies yang lebih kecil, tapi tampaknya ini jarang terjadi. Dolphins also suffer from a wide variety of diseases and parasites . [ citation needed ] Lumba-lumba juga menderita berbagai penyakit dan parasit. [Rujukan?]

Human threats Ancaman manusia

Baris lumba-lumba mati tergeletak di beton.
Dead Atlantic White-Sided Dolphins in Hvalba on the Faroe Islands , killed in a drive hunt. Mati Atlantik White-Sided Dolphin di Hvalba di Kepulauan Faroe, tewas dalam sebuah drive berburu.

Some dolphin species face an uncertain future, especially some river dolphin species such as the Amazon River Dolphin, and the Ganges and Yangtze River Dolphin , which are critically or seriously endangered. Beberapa jenis lumba-lumba menghadapi masa depan yang tidak pasti, terutama beberapa spesies lumba-lumba sungai seperti Sungai Amazon Dolphin, dan Gangga dan Sungai Yangtze Dolphin, yang terancam kritis atau serius. A 2006 survey found no individuals of the Yangtze River Dolphin , which now appears to be functionally extinct . [ 41 ] Survei tahun 2006 tidak menemukan individu-individu dari Sungai Yangtze Dolphin, yang kini tampaknya menjadi punah secara fungsional. [41]

Pesticides , heavy metals, plastics, and other industrial and agricultural pollutants that do not disintegrate rapidly in the environment concentrate in predators including dolphin from their prey. Pestisida, logam berat, plastik, dan polutan industri dan pertanian yang tidak hancur dengan cepat dalam lingkungan predator termasuk berkonsentrasi pada lumba-lumba dari mangsa mereka. Injuries or deaths due to collisions with boats, especially their propellers , are also common. Cedera atau kematian akibat tabrakan dengan kapal, terutama mereka baling-baling, juga umum.

Various fishing methods, most notably purse seine fishing for tuna and the use of drift and gill nets , unintentionally kill many dolphins. [ 42 ] Accidental by-catch in gill nets and incidental captures in antipredator nets that protect marine fish farms are common and pose a risk for mainly local dolphin populations. [ 43 ] [ 44 ] In some parts of the world such as Taiji in Japan and the Faroe Islands, dolphins are traditionally considered as food, and killed in harpoon or drive hunts . [ 45 ] Dolphin meat is high in mercury and may thus pose a health danger to humans when consumed. [ 46 ] Berbagai metode penangkapan ikan, terutama tas seine memancing untuk ikan tuna dan penggunaan hanyut dan jaring insang, tidak sengaja membunuh banyak lumba-lumba. [42] Terkadang oleh-menangkap dalam jaring insang maupun insidentil antipredator menangkap dalam jaring yang melindungi tambak ikan laut yang umum dan berpose risiko bagi populasi lumba-lumba terutama lokal. [43] [44] Di beberapa belahan dunia seperti Taiji di Jepang dan Kepulauan Faroe, lumba-lumba secara tradisional dianggap sebagai makanan, dan dibunuh di harpun atau drive perburuan. [45] Dolphin daging tinggi merkuri dan dengan demikian dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia bila dikonsumsi. [46]

Dolphin safe labels attempt to reassure consumers that fish and other marine products have been caught in a dolphin-friendly way. Dolphin aman label upaya untuk meyakinkan konsumen bahwa ikan dan produk laut lainnya telah ditangkap dalam cara yang ramah lumba-lumba.

Loud underwater noises, for example resulting from naval sonar use, live firing exercises or certain offshore construction projects such as wind farms may be harmful to dolphins, increasing stress, damaging hearing and causing decompression sickness by forcing them to surface too quickly to escape the noise. [ 47 ] [ 48 ] Suara bawah air keras, misalnya yang dihasilkan dari laut sonar digunakan, tinggal latihan menembak atau tertentu konstruksi lepas pantai proyek-proyek seperti angin dapat membahayakan ikan lumba-lumba, meningkatkan stres, merusak pendengaran dan menyebabkan penyakit dekompresi dengan memaksa mereka untuk permukaan terlalu cepat untuk melarikan diri dari kebisingan . [47] [48]

Human–dolphin relationships Hubungan manusia-lumba-lumba

Status Status

The intelligence, social behaviour, learning behaviour and brain morphology has prompted some to suggest that dolphins be regarded as 'Non-Human Persons' with concomitant rights protecting them from exploitation. [ 49 ] Kecerdasan, perilaku sosial, perilaku dan otak pembelajaran morfologi telah mendorong beberapa orang untuk mengatakan bahwa lumba-lumba dianggap sebagai 'Non-Human Orang' dengan hak-hak bersamaan melindungi mereka dari eksploitasi. [49]


Mythology Mitologi

A sketch of the goddess Ganga on her Vahana (mount) Makara . Sebuah sketsa dewi Gangga di Wahana (mount) Makara.

Dolphins have long played a role in human culture. Lumba-lumba telah lama berperan dalam kebudayaan manusia. Dolphins are common in Greek mythology and there are many coins from ancient Greece which feature a man or boy or deity riding on the back of a dolphin. [ 50 ] The Ancient Greeks welcomed dolphins; spotting dolphins riding in a ship's wake was considered a good omen. Lumba-lumba adalah umum dalam mitologi Yunani dan ada banyak koin dari Yunani kuno yang memiliki dasar laki-laki atau anak laki-laki atau dewa menunggang di punggung lumba-lumba. [50] Para Yunani Kuno menyambut lumba-lumba; bercak lumba-lumba naik kapal membangunkan dianggap baik pertanda. In Hindu mythology , the Ganges River Dolphin is associated with Ganga , the deity of the Ganges river. Dalam mitologi Hindu, Sungai Gangga Dolphin dikaitkan dengan Gangga, ketuhanan dari Gangga sungai.

Popular culture Budaya populer

The famous Orca Keiko from the Free Willy movies being prepared for transport. Keiko Orca yang terkenal dari film Free Willy sedang dipersiapkan untuk transportasi.

In more recent times, the 1963 Flipper movie and the subsequent 1964 television series , popularized dolphins in Western society . Dalam lebih baru kali, pada tahun 1963 film Flipper dan 1964 selanjutnya serial televisi, dipopulerkan lumba-lumba di masyarakat Barat. The series, created by Ivan Tors , portrayed a dolphin as a kind of seagoing Lassie . Seri, yang diciptakan oleh Ivan diterima oleh seluruh partisipan, lumba-lumba yang digambarkan sebagai semacam yg berlayar di lautan Lassie. Flipper was a Bottlenose Dolphin who understood commands and always behaved heroically. Flipper was remade in 1996. Flipper adalah Dolphin botol yang memahami perintah dan selalu bersikap heroik. Flipper ini dibuat ulang pada tahun 1996. In the 1990s science fiction television series seaQuest DSV featured a bottle-nose named Darwin who could communicate using a vocoder , a fictional invention which translated clicks and whistles to English and back. Pada 1990-an televisi fiksi ilmiah seri DSV Seaquest fitur-hidung botol bernama Darwin yang bisa berkomunikasi menggunakan vokoder, penemuan yang fiktif klik dan peluit diterjemahkan ke bahasa Inggris dan kembali. The 1993 movie Free Willy made a star of the Orca playing Willy, Keiko . 1993 film Free Willy membuat bintang bermain Orca Willy, Keiko. The 1977 horror movie Orca paints a less friendly picture of the species. Tahun 1977 film horor Orca cat gambar yang kurang ramah dari spesies. Here, a male Orca takes revenge on fishermen after the killing of his mate. Di sini, seorang laki-laki mengambil Orca membalas dendam pada nelayan setelah pembunuhan temannya. The 1973 movie The Day of the Dolphin portrayed kidnapped dolphins performing a naval military assassination using explosives. Film tahun 1973 Hari Dolphin lumba-lumba digambarkan diculik militer angkatan laut melakukan pembunuhan dengan menggunakan bahan peledak. This was also explored in the similarly-named Simpsons Treehouse of Horror episode, Night of the Dolphin, where Lisa frees a dolphin at a aquarium attraction and unwittingly initiates their plan to overthrow the land-dwellers and live in their place. Ini juga dieksplorasi di sama-bernama Simpsons Treehouse of Horror episode, Malam Dolphin, di mana Lisa membebaskan lumba-lumba di akuarium tanpa disadari memulai atraksi dan rencana mereka untuk menggulingkan penghuni tanah dan tinggal di tempat mereka. In The Hitchhiker's Guide to the Galaxy series, dolphins are the second most intelligent species on Earth (after mice). Dalam The Hitchhiker's Guide to the Galaxy series, lumba-lumba adalah kedua spesies paling cerdas di Bumi (setelah tikus).

Dolphinaria Dolphinaria

The renewed popularity of dolphins in the 1960s resulted in the appearance of many dolphinaria around the world, making dolphins accessible to the public. Popularitas yang diperbarui lumba-lumba di tahun 1960-an mengakibatkan munculnya banyak dolphinaria di seluruh dunia, sehingga lumba-lumba dapat diakses oleh publik. Criticism and animal welfare laws forced many to close, although hundreds still exist around the world. Kritik dan kesejahteraan binatang hukum memaksa banyak untuk menutup, meskipun masih ada ratusan di seluruh dunia. In the United States , the best known are the SeaWorld marine mammal parks . Di Amerika Serikat, yang paling dikenal adalah SeaWorld taman mamalia laut. SeaWorld's standard name for Orcas , Shamu , which they trademarked , has become well known. SeaWorld nama standar untuk Orcas, Shamu, yang mereka bermerek dagang, telah menjadi terkenal. Since 1988, Southwest Airlines has been flying three aircraft painted in Shamu colours to promote the parks. Sejak 1988, Southwest Airlines telah menerbangkan tiga pesawat dicat dengan warna Shamu untuk mempromosikan taman-taman.

Welfare Kesejahteraan

Organizations such as the Mote Marine Laboratory rescue and rehabilitate sick, wounded, stranded or orphaned dolphins, while others, such as the Whale and Dolphin Conservation Society and Hong Kong Dolphin Conservation Society , work on dolphin conservation and welfare. India has declared the Dolphin as their national aquatic animal in an attempt to protect the endangered Ganges River Dolphin . Organisasi seperti Laboratorium Mote Marine menyelamatkan dan merehabilitasi sakit, terluka, terdampar atau yatim lumba-lumba, sementara yang lain, seperti Paus dan Dolphin Conservation Society dan Hong Kong Dolphin Conservation Society, bekerja pada konservasi lumba-lumba dan kesejahteraan. India telah menyatakan Dolphin sebagai hewan akuatik nasional mereka dalam upaya untuk melindungi terancam Dolphin Sungai Gangga. The Vikramshila Gangetic Dolphin Sanctuary has been created in the Ganges river for the protection of the animals. Di Sanctuary Vikramshila Dolphin Gangga telah dibuat di Gangga sungai untuk perlindungan hewan.

Various scientists to have researched Dolphin behaviour have proposed that their unusually high intelligence compared to other animals means that dolphins should be seen as non-human persons that should have their own specific rights, and that it is morally unacceptable to keep them captive for entertainment purposes, or to kill them; either intentionally for consumption or as by-catch. [ 51 ] Berbagai penelitian para ilmuwan untuk memiliki perilaku Dolphin telah mengusulkan bahwa kecerdasan luar biasa tinggi dibandingkan dengan hewan lain lumba-lumba berarti bahwa harus dilihat sebagai orang non-manusia yang seharusnya memiliki hak-hak khusus mereka sendiri, dan bahwa secara moral mereka tidak dapat diterima untuk menjaga tawanan untuk tujuan hiburan , atau untuk membunuh mereka; baik sengaja untuk konsumsi atau sebagai oleh-catch. [51]

Therapy Terapi

Dolphins are an increasingly popular choice of animal-assisted therapy for psychological problems and developmental disabilities. Lumba-lumba adalah pilihan yang semakin populer dari binatang-dibantu terapi untuk masalah-masalah psikologis dan perkembangan cacat. For example, a 2005 study found dolphins an effective treatment for mild to moderate depression . [ 52 ] However, this study was criticized on several grounds. Sebagai contoh, sebuah studi tahun 2005 menemukan lumba-lumba pengobatan yang efektif untuk ringan hingga sedang depresi. [52] Namun demikian, studi ini dikritik pada beberapa alasan. For example, it is not known whether dolphins are more effective than common pets. [ 53 ] Reviews of this and other published dolphin-assisted therapy (DAT) studies have found important methodological flaws and have concluded that there is no compelling scientific evidence that DAT is a legitimate therapy or that it affords more than fleeting mood improvement. [ 54 ] Misalnya, tidak diketahui apakah lumba-lumba lebih efektif daripada hewan peliharaan umum. [53] Tinjauan ini dan lainnya dibantu dipublikasikan terapi lumba-lumba (DAT) studi telah menemukan kekurangan metodologis yang penting dan telah menyimpulkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang meyakinkan bahwa DAT adalah terapi yang sah atau yang lebih dari sekilas affords perbaikan suasana hati. [54]

Military Militer

A number of militaries have employed dolphins for various purposes from finding mines to rescuing lost or trapped humans. Sejumlah lumba-lumba militer telah digunakan untuk berbagai tujuan mulai dari mencari tambang untuk menyelamatkan manusia yang hilang atau terperangkap. The military use of dolphins , however, drew scrutiny during the Vietnam War when rumors circulated that the United States Navy was training dolphins to kill Vietnamese divers. [ 55 ] However, no evidence to support these rumors ever surfaced, and the United States Navy denies that at any point dolphins were trained for combat. The militer menggunakan lumba-lumba, bagaimanapun, menarik dicermati selama Perang Vietnam ketika desas-desus beredar bahwa Angkatan Laut Amerika Serikat sedang melatih lumba-lumba untuk membunuh penyelam Vietnam. [55] Namun, tidak ada bukti untuk mendukung rumor ini pernah muncul, dan Angkatan Laut Amerika Serikat menyangkal bahwa pada setiap titik lumba-lumba dilatih untuk pertempuran. Dolphins are still being trained by the United States Navy on other tasks as part of the US Navy Marine Mammal Program . Lumba-lumba masih sedang dilatih oleh Angkatan Laut Amerika Serikat pada tugas-tugas lain sebagai bagian dari US Navy Marine Mammal Program. The Russian military is believed to have closed its marine mammal program in the early 1990s. Militer Rusia diyakini telah menutup program mamalia laut pada awal tahun 1990-an. In 2000 the press reported that dolphins trained to kill by the Soviet Navy had been sold to Iran . [ 56 ] Pada tahun 2000, pers melaporkan bahwa lumba-lumba dilatih untuk membunuh oleh Angkatan Laut Soviet telah dijual kepada Iran. [56]

Literature Sastra

Dolphins are also common in contemporary literature, especially science fiction novels . Lumba-lumba juga umum dalam sastra kontemporer, terutama novel fiksi ilmiah. Dolphins play a military role for dolphins in William Gibson 's short story Johnny Mnemonic , in which cyborg dolphins find submarines and decode encrypted information. Lumba-lumba memainkan peran militer bagi lumba-lumba di William Gibson 's cerita pendek Johnny Mnemonic, di mana cyborg menemukan kapal selam lumba-lumba dan decode informasi dienkripsi. Dolphins play a role as sentient patrollers of the sea enhanced with a deeper empathy toward humans in Anne McCaffrey 's The Dragonriders of Pern series. Lumba-lumba berperan sebagai mahluk petugas patroli laut ditingkatkan dengan empati yang lebih dalam terhadap manusia di Anne McCaffrey 's Pern The Dragonriders dari seri. In the Known Space universe of author Larry Niven , dolphins play a significant role as fully-recognised "legal entities". Dalam Ruang Dikenal pencipta alam semesta Larry Niven, lumba-lumba memainkan peran penting sebagai sepenuhnya-diakui "badan hukum". More humorous is Douglas Adams ' The Hitchhiker's Guide to the Galaxy series of picaresque novels, in which dolphins are the second most intelligent creatures on Earth (after mice, followed by humans) and try in vain to warn humans of Earth's impending destruction. Lebih lucu adalah Douglas Adams "The Hitchhiker's Guide to the Galaxy serangkaian picaresque novel, di mana kedua lumba-lumba adalah makhluk paling cerdas di Bumi (setelah tikus, diikuti oleh manusia) dan coba dengan sia-sia untuk memperingatkan manusia bumi menjelang kehancuran. Their story is told in So Long, and Thanks for All the Fish . Kisah mereka diceritakan dalam So Long, dan Terima kasih untuk Semua Ikan. Much more serious is their major role in David Brin 's Uplift series. Jauh lebih serius adalah peran utama mereka dalam David Brin 's UPLIFT seri. A talking Dolphin named "Howard" helps Hagbard Celine and his submarine crew fight the evil Illuminati in Robert Shea and Robert Anton Wilson 's Illuminatus Trilogy . Seorang berbicara Dolphin bernama "Howard" membantu Hagbard Celine dan para awak kapal selam melawan kejahatan Illuminati dalam Robert Shea dan Robert Anton Wilson 's Illuminatus Trilogy.

Dolphins appear frequently in non-science fiction literature. Lumba-lumba sering muncul pada fiksi ilmiah non-sastra. In the book The Music of Dolphins by author Karen Hesse , dolphins raise a girl from the age of four until the coast guard eventually discovers her. Dalam buku The Music of Dolphins oleh pengarang Karen Hesse, lumba-lumba mengangkat seorang gadis dari usia empat sampai penjaga pantai akhirnya menemukan dirinya. Fantasy author Ken Grimwood wrote dolphins into his 1995 novel Into the Deep about a marine biologist struggling to crack the code of dolphin intelligence , including chapters written from a dolphinian viewpoint. Penulis fantasi Ken Grimwood wrote lumba-lumba ke dalam novel 1995 Into the Deep tentang seorang ahli biologi laut yang berjuang untuk memecahkan kode kecerdasan lumba-lumba, termasuk bab-bab ditulis dari sudut pandang dolphinian. In this book, humans and dolphins communicate via telepathy . Dalam buku ini, manusia dan lumba-lumba berkomunikasi melalui telepati.

Art Seni

Dolphins are a popular artistic motif, dating back to ancient times. Lumba-lumba adalah motif artistik yang populer, dating kembali ke kuno kali. Examples include the Triton Fountain by Bernini and depictions of dolphins in the ruined Minoan palace at Knossos and on Minoan pottery . Contoh meliputi Triton Fountain oleh Bernini dan gambaran tentang lumba-lumba di reruntuhan Minoan istana di Knossos dan Minoan tembikar.

aus harus dilindungi. Lumba-lumba dan ikan paus telah mulai dilindungi di seluruh dunia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar